[Tip 3 of 8] Perbedaan antara Iklan yang dibintangi selebriti dan Influencer marketing

Posted on September 3, 2018



Iklan yang dibintangi selebriti sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Ada beberapa perbedaan antara iklan yang dibintangi selebriti dan influencer marketing.


Ada beberapa faktor yang membedakan antara kedua itu. Beberapa tahun yang lalu, dunia influencer marketing sedang meroket atau naik daun dimana banyak brand memutuskan untuk mencoba hal yang lain dalam urusan marketing.


Menurut Linqia, ada 86% dari orang yang berjualan di tahun 2016 menggunakan influencer marketing dalam hal yang ingin mereka capai di bisnis mereka.


Pertanyaanya adalah, apa sih yang membedakan kedua hal tersebut? Dan kenapa influencer marketing lebih bagus dibanding iklan yang dibintangi oleh selebriti


Mari kita simak di berikut ini


1. 2 arah dalam hal berkomunikasi


Mereka yang membuat iklan yang menggunakan selebriti dikarenakan popularitas//status yang berhubungan dengan brand atau product. Dalam situasi ini, kamu menggunakan seorang selebriti sebagai lambang/figur yang orang - orang idolakan untuk membuat orang tersebut ingin membeli barang kamu.


Dengan menggunakan iklan yang dibintangi oleh selebriti, iklan tersebut akan dilihat, didengar tapi tidak ada interaksi yang terjadi. Sedangkan influencer marketing itu menggunakan omongan untuk melakukan periklanan diantara orang - orang yang mengidolakan influencer tersebut dan juga sebagai orang yang dipercayai di komunitas tersebut. Influencer juga sering berkomunikasi dengan para follower/fan mereka.


Kenapa saya bilang hal ini bisa dipercayai? Karena ada 2 arah dalam berkomunikasi di dunia influencer marketing


Para influencer ini bisa berkomunikasi dengan para follower/fan mereka dengan menjawab pertanyaan mereka, memberikan barang sebagai giveaway dan juga merespon kepada mereka dan berbicara dengan mereka



Perbedaan diantara mereka tidaklah besar dibandingkan dengan iklan yang dibintangi oleh selebriti. Dalam gambaran ini, orang yang terpengaruh oleh influencer bisa meningkatkan nama brand kamu karena nama brand kamu ada di pikiran para pelanggan.


Iklan yang dibintangi oleh selebriti dan influencer marketing sama sama digunakan untuk menarik perhatian pelanggan, tapi cara mereka melakukannya dan menyampaikan pesan kepada pelanggan sangatlah berbeda.


2. Influencer bisa dikatakan memiliki keahlian dalam membuat konten yang bagus


Kalau iklan yang dibintangi oleh selebriti, brand yang akan memikirkan strategi atau cara untuk mempromosikan produk tersebut dan selebriti akan memainkan peran mereka dan berkontribusi dalam kampanye tersebut.


Kalau influencer, merekalah yang akan memikirkan bagaimana cara mereka mempromosikan barang tersebut dengan gaya/style mereka sendiri. Mereka juga tahu benar follower/fan mereka dan mereka tahu apa yang harus mereka lakukan untuk menarik perhatian mereka. Berpikirlah seperti blog yang dilakukan oleh ibu-ibu, make - up tutorial dan gamer, mereka sangat mendalami bidang itu karena itu adalah passion dan hal yang mereka sukai.


Kadang - kadang, brand juga memiliki beberapa hal atau aturan yang harus influencer ikutin, tapi pada waktu bersamaan, brand harus memberi mereka kebebasan dan juga kreatifitas untuk mengexpressikan diri mereka dan juga menyampaikan pesan kepada fans mereka dengan cara mereka sendiri. Ingat, jika terlalu diatur, akan kelihatan bahwa hal tersebut sudah diatur oleh brand.


3. Harga murah dan terjangkau


Kamu pasti pernah dengar dimana selebriti menanda tanggani kontrak dengan brand dan juga akan melekat ke brand tersebut. Sebut saja contohnya Beyonce, dia mendapatkan 50 Juta dollar untuk mempromosikan Pepsi pada tahun 2012.


Banyak brand yang mungkin tidak sanggup bekerja dengan brand karena harganya terlalu mahal. Influencer yang memiliki jutaan followers mungkin saja mahal jika diajak bekerja sama, tapi mereka tidak semahal para selebriti.


Brand yang memiliki budget yang tidak banyak bisa memiliki opsi lain untuk menggunakan para influencer kelas B atau disebut mid level influencer atau micro influencers yang memiliki target yang sama dengan kamu dan bisa membuat para pelanggan loyal dengan kamu dalam jangka waktu yang panjang, dimana para influencer akan mempromosikan barang kamu kepada para pelanggan melalui social media.


Sekarang kamu mengerti kan beberapa perbedaan antara iklan yang dibintangi selebriti dan influencer marketing. Memang, iklan yang menggunakan selebriti memiliki keuntungan dibanding influencer marketing,


Tapi, orang orang mulai kehilangan rasa kepercayaan di periklanan dan mereka juga memblokir iklan - iklan yang muncul di komputer dan juga handphone mereka. Jadi, hal ini akan menjadi sesuatu yang boleh dicoba jika kamu ingin mencoba menjangkau para pelanggan kamu dengan serius dan antusias di masa kini


Jika kamu tertarik untuk membuat sebuah campaign bersama kami, silahkan hubungi kami si SushiVid dimana influencer marketing yang berpengalaman dan hebat bisa membantu kamu di perjalanan influencer marketing ini.


Ingin mencari hal yang menarik untuk dibaca? Simak perbedaan antara Facebook Live and YouTube di SINI.