[Tip 5 of 8] Ketahui Yang Mana Influencer Yang Palsu

Posted on September 3, 2018



Bekerja sama dengan brand influencer adalah cara yang baik untuk memperbesar target kamu, membuat nama di dunia internet dan juga membuat orang untuk menghasilkan sebuah konten. Tapi, apakah kamu tahu ada orang yang membajak sistem ini untuk mendapatkan uang secara cuma cuma?



Jadi, apa yang bisa dikategorikan sebagai influencer palsu? Mereka ada orang yang memiliki jumlah followers yang sangat banyak dimana mereka semua adalah bots.



Riset mengatakan bahwa lebih dari 24 juta akun instagram palsu di dunia teknologi, sedangkan brand bersedia menghamburkan jutaan dolar untuk mereka.


Jadi, kami akan beritahu kamu cara untuk mengetahui yang mana Influencer yang palsu.


1. Jumlah follower yang bang & Engagement rate yang rendah


Kesalahan terbesar yang dilakukan oleh brand adalah memilih influencer yang berdasar jumlah follower yang mereka miliki. Memiliki jumlah follower yang tinggi bukan berarti bisa dipercayai.


Jika ada sebuah account memiliki ribuan follower, maka engagement rate nya harus kurang lebih sama seperti follower yang dia miliki. Mereka tidak hanya berinteraksi dengan pengikut mereka, konten yang mereka buat tidak membuat ngetrend/topik yang dibicarakan di Internet dan hal itu tidak seperti apa yang dilakukan influencer lainnya.



Kamu bisa mengecek jumlah engagement rate nya dengan membagi jumlah total comment dan like dengan jumlah total pengikut.



2. Spam Comments (kebiasaan bot)


Kamu bisa tahu  bahwa itu adalah spam account di mana tidak ada ketika tidak ada variasi dalam komentar, seperti "hebat!", "Luar biasa", "bagus!", dan kemungkinan akun ini palsu.


Mereka melakukan ini karena mereka tahu bahwa brand melihat engagement rate seorang influencer. Komentar-komentar ini biasanya tidak berhubungan dengan foto yang dibuat oleh influencer dan sering berulang-ulang.


Ingat, lihatlah ke komentar yang berhubungan dengan postnya, bukan jumlah komentar yang banyak



3. Account yang di boost


Jika ada seorang blogger yang memilik 30,00 follower dan tiba - tiba naik 10,000 dalam 1 malam, maka anda tahu ada sesuatun yang terjadi, bukan?. Biasanya, jumlah follower influencer maupun blogger bisa naik 1 - 200 dalam 1 hari. Ada juga website yang bisa mengecek analytics kamu seperti SocialBlade



4. Video Views


Cara paling mudah untuk mengetahui apakah influencer is asli apa palsu adalah melalui sebuah video. Influencer palsu pasti takut untuk membuat video karena bisa ketangkap basah


Jika kamu melihat influencer dengan jumlah follower 10,000 dan hanya 20 orang yang melihat videonya atau 20 views saja, berarti kamu tahu mereka itu influencer palsu.



Kamu  juga dapat membaca lebih banyak tips tentang konten yang disponsori dan influencer marketing di sini.