[Tip 1 of 8] Apa itu Influencer Marketing?

Posted on September 3, 2018

Jadi, saya akan jelasin bagaimana cara influencer marketing bisa menjadi strategi baru di dunia marketing dan bagaimana hal ini bisa menguntungkan brand kamu.. Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang digital marketing bisa mengubah cara kita berbisnis - dari cara para pelanggan mencari informasi dan juga bagaimana cara pelanggan membuat keputusan. Riset menunjukkan bahwa sekitar 75% di kalangan pembeli B2B (Business - to - Business) terpengaruhi oleh informasi yang mereka lihat di social media.



Influencer marketing itu sejenis marketing yang menggunakan seorang individu yang idenya, pemikirannya dan ucapannya dipercaya oleh sekelompok orang dan tentunya bisa mempengaruhi orang atau biasanya disebut Key Opinion Leader (KOL) untuk menyampaikan pesan brand kamu ke market yang lebih besar. Setelah itu, influencer marketing juga bisa membuka komunitas baru kepada brand untuk menghubungi mereka dengan skala yang besar.



Para influencer ini bisa menggabungkan para pengikutnya atau pun fans mereka menjadi satu supaya brand anda terkenal di kalangan tersebut dan juga membuat barang anda menjadi berharga. Biasanya, para pembeli juga melihat sifat orang yang mereka percaya dan kagumi dalam hal periklanan dan juga pendapatan mereka. Menurut Salesforce, 70% dari brand menghabiskan duit mereka di social media untuk beberapa tahun kedepan.



Jadi, kenapa Influencer Marketing?


Ini nyata, Sosial dan juga sangat kuat


Influencer dilihat sebagai pemimpin dan kadang dilihat sebagai seorang panutan juga. Mereka bisa dipercayai sebagai sumber informasi yang bisa diandalkan dikarenakan cara mereka promosikan barang tersebut dan juga berkomunikasi dengan publik secara dua arah. Singkatnya , pada saat influencer mempromosikan barang/jasa tersebut, maka hal tersebut bisa menjadi sebuah rekomendasi dan menjadi sebuah hal yang langkah.  


Influencer marketing juga bisa menghasilkan sebuah kesempatan yang besar untuk menggunakan kehebatan mereka dalam menyampaikan pesan untuk para pelanggan yang mereka percaya. Brand juga bisa bekerja sama dengan influencer yang mereka percaya bisa membuat brand mereka menjadi terkenal.



Bisa meningkatkan citra brand


Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan nama brand kamu pada brand anda sering disebut di social media. Tidak peduli dari social media manapun - Facebook, Youtube, Instagram, Snapchat - pada saat nama brand anda sesuai di social media, maka barang kamu sesuai juga ke pelanggan.


Influencer memiliki keahlian untuk membantu para audience ketika mereka terpengaruh oleh influencer dan mengubah perhatian para pelanggan menjadi ingin membeli, menyukai dan juga meninggalkan brand tersebut. Tidak hanya itu, influencer juga bisa memberi kamu akses ke tempat yang lebih banyak ditargetkan, meningkatkan Search Engine Optimization (SEO) dan juga meningkat nama nama di bran anda.


Harga Terjangkau


Tidak ada harga yang tetap di influencer marketing. Beberapa influencer berkolaborasi dengan brand supaya mereka bisa meningkatkan reputasi mereka. Beberapa influencer kadang juga menerima pengalaman dan produk gratis sebagai pengganti pembayaran. Ada juga beberapa yang sudah memasang harga tetap untuk 1 IG post maupun video. Ada juga yang lebih suka harga berdasarkan performa - dimana harga itu dibayar dari jumlah likes, shares dan retweets. Tapi, tenang saja, apapun pilihan kamu, harganya tetap terjangkau dibandingkan periklanan yang lain seperti iklan di koran dan televisi di mana harga lebih mahal 1000X lipat.