[Tip 2 of 8] Apa yang kami dapat dari Influencer Marketing?

Posted on September 3, 2018


Apa Yang bisa yang kamu dapat dari Influencer Marketing?


Tidak perlu ditanyakan lagi bahwasannya influencer marketing boleh di coba jika kamu ingin membuat koneksi dengan pelanggan dalam jumlah yang banyak, terutama jika kamu ingin mengembang kan brand anda. Influencer marketing itu bagaikan alat PR (Public Relation) dimana influencer digunakan sebagai alat komunikasi untuk brand dan bisa mengirim pesan kepada audience dia, atau bisa dibilang fans/follower mereka. 


Biar kami jelaskan apa saja sih yang bisa didapatkan dengan menggunakan influencer marketing. 


Apa yang dilakukan influencer marketing adalah meningkatkan nama brand dan juga membuat sebuah ikatan brand kepada pelanggan melalui jangkauan influencer. Influencer is bisa diibaratkan dengan kata ‘ngetrend’, ‘lagi ngehits’ dan ‘berhubungan’. Pada saat influencer mempost barang yang berhubungan dengan brand kamu, maka hal itu bisa menjadi topic hangat yang dibicarakan di internet. Jika kamu ingin bekerja sama dengan influencer, kamu harus membuat sebuah strategi dimana kamu berpikir bagaimana nama brand kamu bisa menjadi barang pembicaraan di public.


Hard selling/jual secara paksa bukan hal yang baik karena terlalu agresif dan juga tidak secara ikhlas. Selain itu, inti dari influencer marketing terletak pada kelakuan dan juga sebuah karakter dari influencer itu sendiri. Beberapa cara yang bisa influencer untuk mempromosikan brand kamu adalah menyebutkan nama brand (dalam cara biasa), memberikan pendapat tentang produk yang dia gunakan, video membuka parcel yang dia terima, membuat orang untuk berbagi informasi yang influencer beri kepada orang lain dan juga membuat contest and pemberian produk ke follower/fans mereka. Dengan cara ini, nama brand kamu akan tersebar di social media dan meningkatkan reputasi kamu di social media.


Setelah itu, mengelola komunikasi yang efektif dengan public sangat penting dalam dunia influencer marketing. Jika kamu bisa mencocokkan brand kamu dengan micro – influencer yang juga mentargetkan market yang sama , maka itu akan menjadi kombinasi yang cocok. Dalam situasi ini, brand tidak boleh mengatur post yang diinginkan oleh influencer dikarenakan bisa merusak gaya mereka karena hal itu bisa membuat mereka bukan menjadi diri mereka masing – masing.


Pada saat kamu ingin membuat sebuah tujuan/goal dan juga strategi, berbagilah hal itu kepada mereka karena hal tersebut bisa membuat hubungan yang bagus dan juga kepercayaan. Lebih banyak kepercayaan yang kamu tanam ke influencers, maka mereka akan memperjuangkan brand kamu untuk menjadi juara di kalangan mereka.  Setelah itu, menulis produk kamu secara detail sangatlah penting supaya bisa dipahami oleh kedua pihak dan juga memberi kebebasan untuk mengekpresikan diri kan secara bersamaan. Tanpa memberi informasi lebih jelas bisa menimbulkan masalah untuk kedua bihak dan memperlambat proses penyelesaian.


Influencer juga berhati hati dalam mempromosikan brand atau produk kecuali mereka sangat percaya dengan produk atau brand tersebut karena itu bisa mempertahankan konten mereka. Mereka juga bisa meningkatkan follower mereka karena cocoknya content yang mereka post dari brand. Contoh, seorang vegetarian blogger tidak mau mempromosikan ayam Nando karena itu bentrokan dengan apa yang mereka gambarkan dan perjuangkan, kecuali sebuah salad yang perlu dipromosikan. Setelah itu, bekerja secara professional sangatlah penting di dunia influencer marketing, maupun itu dari sisi influencer ataupun brand. Kompetisi sangatlah tinggi untuk influencer dikarenakan influencer yang semakin bertambah di social media. Jika seorang influencer gagal berkerja sama dengan brand, maka ada kemungkinan untuk brand mencari seorang influencer lain untuk melakukannya.