[Tip 6 of 8] Bagaimana cara mendapatkan hasil yang terbaik dengan menggunakan Influencer Marketing

Posted on September 3, 2018



Menurut Pardot, 86% dari pedagang mencoba untuk menggunakan influencer marketing di tahun 2016. Perusahaan influencer marketing menghasilkan 1 triliun dollar and mungkin juga bisa meningkat secara drastis di tahun 2019. Karena kami tahu kamu ingin mencoba memasuki dunia influencer marketing, maka kami bersedia membantu kamu untuk mendapatkan hasil yang terbaik dengan menggunakan Influencer Marketing.


Begini cara kerjanya:


1. Bekerja sama lah dengan micro - influencer untuk mendapatkan hasil yang maximal


Perlu dipahami bahwa ada perbedaan antara terpengaruhi dan popularitas. Contohnya, Kylie Jenner di keluarga Kardashian yang sangat terkenal di social media maupun dunia nyata, belum tentu bisa membuat orang orang untuk membeli produk tersebut karena hanya sedikit yang ingin membeli produk dia dan tidak sebanding dengan harga jutaan yang tertera di kontrak dia.


Para pembeli lebih suka melihat para micro - influencers sebagai sumber yang dipercayai dan juga mereka yakin para micro - influencers ini memberi pendapat yang jujur karena mereka juga seorang pembeli yang sama seperti kita. Rekomendasi mereka itu seperti sebuah saran dari teman atau dari keluarga kita.


Karena itu, micro - influencers bisa meningkatkan engagement rate dengan cara berbicara dan merespon ke komen mau pendapat follower mereka.


2. Membangun sebuah ikatan yang erat


Jika kamu bisa membangun sebuat ikatan yang erat ke influencer kamu, maka mereka pasti akan datang lagi ke kamu di masa yang akan datang. Kamu harus memperlakukan mereka seperti sebuah kontrak di media. Jika di kampanye sebelumnya membuahkan hasil yang bagus dan bermanfaat, maka akan ada potensi dimana kamu dan influencer sebelumnya bisa bekerja sama dalam proyek-proyek kedepannya.


Hal ini juga bisa menghemat waktu anda dalam membangun sebuah kepercayaan dengan influencer yang baru secara terus - terusan.



3. Berilah mereka kebebasan untuk berkreasi


Jika kamu tidak memberikan kebebasan kepada para influencer untuk berkreasi, mereka akan kehilangan ketertarikan untuk bekerja dengan kamu dan kemungkinan bisa merusak hubungan kamu dengan para influencer.


Jangan salah paham ya, ini bukan berarti kamu membiarkan para influencer bertindak sesuka hati mereka. Sebagai seorang brand, kamu harus memberi mereka sebuah panduan dan arahan yang benar.

Tidak perlu ditanyakan lagi bahwa kamu pasti memiliki sebuah syarat dan ekspektasi, jadi pastikan kamu memberi mereka penjelasan yang jelas tentang kampanye tersebut.


Konten yang ditulis dengan skripsi mungkin tidak menarik perhatian bagi para audiens mereka dan hal itu bisa membahayakan karena konten tidak sesuai dengan style/gaya influencer dan para audiens mulai mempertanyakan hal itu dan itulah alasannya kenapa brand harus memberi para influencers untuk membuat konten mereka berdasarkan style/gaya mereka karena mereka tahu benar followers mereka dari siapapun.


4. Jangan terlalu fokus pada penjualan


Influencer marketing bisa meningkatkan nama brand, membentuk kepercayaan di social media dan juga mempengaruhi orang. Cara kerjanya seperti berbagi informasi kepada yang lain dari kawan maupun keluarga. Pada saat konsumen tertarik dengan brand kamu, maka kamu bisa melihat dia di toko kamu dan website setiap harinya.



5. Berbuat lebih


Ingat, gedung di Roma dia dibangun hanya 1 malam, jadi berpikir besar. Apa yang bagus dari influencer marketing itu karena itu hal yang baru, lagi ngetrend and hal yang menarik. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan - dari pemberian barang,  social media account takeover, video buka barang dari box besar, berkolaborasi dengan influencer, hashtag yang unik dan sebagainya. Semakin banyak perhatian orang yang tertarik dengan brand kamu, semakin viral juga brand tersebut… berarti kamu sudah mendapatkan jackpot yang besar!


Influencer marketing bisa membantu brand kamu menjadi ternama jika kamu benar benar menaruh usaha kamu di sini.


Brand harus terus menerus bereksplorasi, melihat hasil dan juga menentukan strategi yang harus diterapkan. Jika tujuan kamu tidak bisa dicapai di awal - awal kampanye, maka kamu harus mengubah beberapa hal di kampanye kamu.  


Ingin mencari sesuatu yang menarik untuk dibaca? Silahkan di cek posting kami tentang mengapa SEKARANG Waktunya Untuk Menyewa Influencer DI SINI