9 Tipe Sponsorship Di YouTube

Posted on May 25, 2016

Di SushiVid, kami memahami bahwa terkadang sponsorship dan endorsement YouTube bisa sedikit membingungkan. Maka dari itu, kami telah mengkategorikan beberapa jenis sponsorship yang dapat dipertimbangkan untuk kampanye brand Anda di video YouTube nanti!

 

1. Review

Review adalah ketika YouTuber benar-benar menggunakan produk Anda; pada tipe ini YouTuber membahas pro dan kontra dari produk yang Anda tawarkan. Tipe video ini cocok apabila Anda mau mempersilakan pendapat langsung YouTuber dan memanfaatkan viewer base dari YouTuber tersebut. Jenis video ini biasanya dapat diandalkan ketika viewer memang berniat untuk membeli produk Anda.


Contoh video review ini adalah ulasan dari 3 mobil yang berbeda, dan dibandingkan satu dengan yang lain. Review itu tidak diutarakan seperti halnya dengan iklan karena mereka membandingkan ketiga mobil dan membicarakan mengenai setiap fitur mobil yang mereka suka beserta fitur yang mereka tidak suka. Itu semua murni berdasarkan preferensi pribadi YouTuber namun tidak terus menampilkan sisi buruk dari produk yang mereka gunakan.


 

Video ini mungkin terlihat hanya tentang perbandingan 3 jenis mobil, namun apakah Anda sadari jika mereka menyebutkan kata Petronas beberapa kali dan pada scene tertentu juga diambil di lokasi Petronas? Inilah yang dinamakan multiple sponsors video. Walaupun beberapa brand itu disatukan dalam satu video, brand-brand tersebut disampaikan dengan tipe sponsorship yang berbeda. Sponsorship untuk Petronas itu disebut dengan Mention.

 

2) Mention

Jika brand Anda tidak memiliki hubungan langsung dengan video dari YouTuber namun Anda masih ingin mempromosikannya, cara mention adalah yang paling cocok. Mention adalah cara YouTuber menawarkan produk dengan menyebutkan nama produk tersebut di awal, pertengahan atau akhir dari video YouTube; bertujuan untuk mendorong pemirsa mencari situs/perusahaan Anda, mendaftar, membeli produk atau bahkan untuk menggunakan jasa Anda. Bisa lebih simple lagi jika produk diletakkan di atas meja selama pemutaran video.


 

Contoh di atas ini, Anda akan melihat bahwa pada akhir video YouTube, TheMingThing, memberikan shoutout atau seruan khusus untuk Digi. Semuanya bisa dilakukan sesederhana seperti itu.

 

3) Tutorial

Sebuah video tutorial biasanya mencakup bagaimana cara dalam menggunakan sebuah produk. Dan biasanya ditunjukkan dengan bentuk format step-by-step. Contohnya seperti cara menginstal software, cara mengikat rambut ponytail, cara membungkus kado hadiah dan sebagainya.

 

 

Contoh video di sini, YouTuber menunjukkan suatu cara untuk merias wajah dan karena memerlukan kombinasi dari banyak produk, produk Anda mungkin tidak menjadi satu-satunya yang ada di dalam video.

 

4) Haul

YouTuber biasanya memposting haul setelah mereka seharian berbelanja kemudian memamerkan apa saja yang telah mereka beli kepada pemirsa. Video jenis ini yang sering diminati banyak orang. Pembelian barang tidak selalu dilakukan secara offline namun bisa juga secara online. YouTuber akan berbicara tentang apa yang mereka suka dari sebuah produk, di mana mereka membelinya dan harga dari produk tersebut.

 

 

Video di atas menampilkan berbagai perangkat alat tulis yang YouTuber beli untuk keperluan sekolahnya. Yang tentunya ini akan menarik bagi anak-anak yang akan kembali ke sekolah dan ingin tahu apa yang anak-anak 'keren' beli selagi liburan.


Apabila video itu bukan video sponsor berbayar, tetapi YouTuber dengan sengaja mempromosikan toko dan brand-nya secara gratis. Video itulah biasanya paling dicari karena reaksi dari sang YouTuber asli, tidak dibuat-buat. Lagi pula, siapa sih yang tidak senang punya barang baru?

 

5) Favourites

Favourites adalah ketika YouTuber menampilkan produk yang mereka suka dan menjelaskan secara lebih detail mengapa mereka sangat menyukai. Ini hampir mirip dengan review, namun dalam video favourites YouTuber benar-benar meng-endorse serta mendukung penuh suatu produk dan kemungkinan viewer akan membeli produk serupa karena ulasan positif yang YouTuber sampaikan.

 

 

YouTuber ini, Vivian, adalah fashion and beauty guru, namun dia juga memasukan produk non fashion ke dalam video favourite-nya misalnya printer untuk selfie dan sepatu nike. Kami merekomendasikan video sponsor jenis ini hanya jika YouTuber secara pribadi benar-benar paham dan mencintai produk Anda.

 

6) Giveaway

Di akhir video, YouTuber akan menunjukkan barang giveaway di mana pemirsa akan diminta (secara tidak langsung mungkin oleh Anda) untuk melakukan suatu hal sehingga berkesempatan untuk memenangkan produk itu. Kelebihan dari cara giveaway ini adalah produk Anda tidak harus berhubungan dengan video sama sekali.

 

 

Pada contoh di atas, YouTuber Mina, mengaku bahwa video yang disertai dengan giveaway ini bukanlah video yang disponsori. Dia hanya bermaksud untuk kembali meningkatkan kesadaran anti kekejaman terhadap hewan seperti yang The Body Shop terapkan. Mina ini berhati mulia, ya? :)

 

7) Product Placement

Biasanya suatu produk ditempatkan di bagian yang strategis dari video dan YouTuber sendiri tidak secara eksplisit membicarakan perihal produk ini.

 

 

Video film pendek buatan Shazreen ini pada dasarnya menceritakan tentang rasa takut tapi di beberapa adegan kamera difokuskan pada jam tangan sang aktor. Jam tangan itu merupakan produk yang sengaja diposisikan secara startegis untuk ditampilkan ke hadapan kamera./span>


8) Event Coverage

YouTuber akan menghadiri suatu event atau acara Anda dan membagikan pengalamannya lewat video selama atau setelah acara selesai. Vlog tersebut kemudian di-upload ke channel YouTuber sehingga akan menekankan perhatian umum untuk melihat acara atau peluncuran sebuah produk yang Anda buat.

 

 

Skin Inc baru-baru ini mengundang beberapa beauty guru YouTube ke Singapura untuk menghadiri Beauty Hackathon pertama mereka dan Anniversary Party mereka yang kedelapan. Dengan mengundang YouTuber mengikuti sebuah event akan memungkinkan produk Anda terpublikasikan lebih luas di YouTube karena tentu YouTuber akan membuat vlog tentang hal itu.

 

9) LookBook

Video Fashion YouTuber yang dengan penuh perhatian menyatupadukan setiap potongan busana dan aksesoris yang berbeda. Orang-orang umumnya suka jenis video karena memberikan mereka ide atau gambaran bagaimana mereka akan berpakaian.Video ini disebut dengan lookbook yang biasanya untuk referensi date outfit. Sepanjang video tipe ini, YouTube menyoroti tiap bagian pada pakaiannya dan merincikan brand yang mereka kenakan.



Jadi, jika Anda ingin melakukan sponsorhip melalui video YouTube, mendaftarlah di SushiVid.



Dipersembahkan dengan peluk dan cinta - www.sushivid.com