Exclusive Interview bersama Hendra Wijaya

Posted on April 16, 2018


Wawasan eksklusif bersama Hendra Wijaya - pria yang mempunyai gairah untuk dunia Fashion hingga mewakili Indonesia di ajang International Fashion Event 2016

 

BIODATA

NAMA : HENDRA WIJAYA

ASAL : INDONESIA

TANGGAL LAHIR : 14 MARET 1994

QUOTE FAVORIT : “DO WHAT YOU LOVE AND LOVE WHAT YOU DO.”

 

 

1. Bagaimana kamu mendefinisikan seorang influencer and apa kriteria untuk menjadi influencer?

 

Menurut gue, influencer itu adalah orang yang punya network yang relatif luas dan juga kemampuan untuk mempengaruhi perilaku dari orang-orang yang ada di dalam network tsb.

 

Kriteria buat jadi influencer yang paling utama adalah harus punya jaringan tadi (bisa temen, keluarga, saudara, sampai ke orang yang ngga kita kenal tapi suka dengan konten yang kita buat). Next, influencer harus punya ciri khas tersendiri supaya bisa dibedakan dan diingat terus sama followersnya. Influencer juga harus punya passion buat bikin konten yang menarik (kreatif, up to date, inspiratif, dll). Yang terakhir, influencer harus konsisten dengan konten yang dibuat. Jadi, sebenarnya keliatan dari luar gampang banget buat jadi influencer, tapi kenyataannya ngga semudah itu.

 

2. Sejak kapan kamu memulai hobi sebagai lifestyle dan fashion influencer?

 

Hobi sendiri bisa dibilang dari tahun 2015. Awalnya suka di bidang fotografi, dari foto-foto pemandangan atau hal-hal menarik lainnya. Lama-lama beli kamera DSLR dari tabungan sendiri. Terus mulai iseng minta tolong temen atau saudara buat fotoin pas jalan-jalan dan ternyata banyak yang suka dengan style gue dan juga sama konten-konten yang gue upload ke instagram. Dari situ, baru mulai bikin blog karena bisa ngulas lebih banyak hal di sana.

 

3. Apa yang membuat kamu memilih untuk lebih serius di bidang social media influencer?

 

Hmm… berangkat dari hobi lalu didukung sama peluang yang ada. Karena menurut gue pribadi kalo memang diniatin mau jadi influencer dengan niat untuk menghasilkan uang bakalan susah banget. Kita tau, setiap hari terus bermunculan nama-nama influencer baru, kompetisi juga akhirnya semakin besar. Jadi gue pribadi sebenarnya ngga punya alasan khusus, karena this is something that I love. I love to take photos, write stories, and style myself dan Thank God karena udah dikasi peluang seperti ikut kontes dan diajak bekerja sama dengan brand.

 

4. Boleh ceritakan bagaimana kamu bisa mewakili Indonesia di ajang International Fashion Event 2016?

 

Well, waktu itu temen gue nge-tag gue di salah satu instagram artis di Indonesia tentang kontes fashion dimana dia bakalan jadi salah satu style maker-nya. Awalnya, ragu banget buat ikutan secara baru banget suka di bidang fashion. Tapi temen gue ini selalu percaya dengan potensi yang ada dalam diri gue soal fashion. So, I braved myself. I submitted couple photos then a week later dihubungin panitia kalo untuk Indonesia, gue terpilih jadi pemenangnya dan bakalan diundang ke Fashion Steps Out 2016 di Singapura. Seneng sekaligus surprise banget karena kontestan yang ikutan banyak dan fotonya keren-keren semua. Bersyukur banget karena dikasi kesempatan buat belajar lebih lagi soal fashion.

 

5. Siapa yang mempunyai peran penting dalam mencapai kesuksesan Hendra sampai sekarang ini?

 

At this point, I wouldn’t say kalo gue udah sukses berkarier di industri ini. Perjalanan gue masih panjang dan gue juga masih perlu banyak belajar tentang industri ini. Kalo ditanya yang paling punya peran yang bikin gue akhirnya jadi seperti sekarang, tentunya keluarga especially my mom. Mereka selalu support dan percaya dengan potensi dan kemampuan yang gue punya. Selain keluarga, sahabat dan temen-temen juga banyak yang support gue buat terjun ke industri ini. Mereka banyak kasih komentar dan kritik yang sifatnya positif, jadi bikin tambah semangat sambil terus introspeksi diri juga.

 

6. Apa cita-cita kamu yang belum tercapai dan ingin kamu capai di masa depan?

 

To be honest, I really want to be a top blogger in Indonesia. Bukan karena populer dan akhirnya jadi gegayaan, tapi karena bakalan punya bigger network and influence in this industry. Siapa sih yang gak seneng kalo bisa jadi inspirasi positif buat banyak orang? I’m on my way, so please keep giving me your support and love. Terus, pengen banget bisa diundang dan meliput ke Big 4 Fashion Week yang ada di New York, London, Milan dan Paris. Hopefully, soon. Doain ya.

 

7. Tips apa yang ingin kamu bagikan ke influencers di Indonesia dalam membuat konten yang menarik di Instagram/Blog?

 

Sampai saat ini gue pribadi juga masih berusaha dan belajar buat bikin konten yang menarik buat di blog atau instagram. Ada banyak banget cara buat bikin konten yang menarik. Kali ini gue bakalan share beberapa tips and trick-nya.

 

     Pertama, cari tau konten favorit followers lo, caranya dengan liat engagement-nya dan stick with it. Misalnya pas lo upload foto makanan, likes dan comment yang lo dapet jauh lebih besar daripada kalo upload foto fashion.

     Next, setelah lo tau apa yang mereka suka. Coba explore ide-ide baru yang belum pernah ada atau dilakuin sebelumnya. Lo bisa juga re-create ide lama dengan taste masa kini/ide lo sendiri. Personally, gue beberapa kali bikin konten yang bukan trend tapi gue rasa bakalan keren dan applicable buat fashion lover di Indonesia dengan sentuhan personal style gue.

      Konten yang menarik biasanya bakal ngebangun awareness dan call to action buat orang yang liat. Jadi coba lo masukin unsur emotion saat content planning. Bikin first impression orang yang liat konten lo jadi misalnya wah banget, bikin speechless, bikin merinding, atau bikin sedih, bikin ketawa dan lain-lain. Dengan nyelipin unsur emotion, orang-orang bakal inget terus dengan konten yang kamu bikin.

    Terakhir, konten itu ibarat portfolio kamu. Jadi, bikin sebagus mungkin. Diedit yang menarik terus foto-nya jangan lupa yang high quality. Kamera sekarang bagus-bagus kok, ga mesti yang mahal-mahal. Jadi ngga ada alasan males bikin konten karena kamera yang lo punya biasa aja. At least, fotonya jangan ngeblur.

 

Itu tadi beberapa tips and trick yang bisa gue share tentang cara bikin konten yang menarik di blog atau instagram. Intinya, belajar terus and jangan lupa practice makes better. Semoga berhasil dan selamat mencoba. Good luck!

 

Kalau kamu suka membaca tentang influencers kami, kamu juga bisa baca artikel tentang Joanna Ramdzan disini