[Tip 8 of 8] Influencer Marketing: Haruskah kamu melakukannya sendiri atau menggunakan agency?

Posted on September 3, 2018



Di artikel yang ditulis oleh InfluencerLogic, ada 84% pedagang berencana untuk membuat setidaknya 1 kampanye menggunakan influencer di tahun 2017. Jadi, kamu pasti ingin mencobanya, bukan? *#FOMO*


Influencer adalah seorang individu yang memiliki keahlian dalam mempengaruhi dalam membuat keputusan bagi seorang konsumen. Ini dikarenakan konsumen sudah tidak begitu tertarik dengan iklan sekarang dan lebih memilih untuk mendengar rekomendasi dari orang yang dipercayai, seperti influencer baik kami yang juga seorang konsumen seperti kita. Jadi, mungkin kamu berpikir, buat sendiri atau pake agency ya?


Inilah beberapa keuntungan dan kerugian dari kedua duanya yang bisa bantu kamu dalam membuat keputusan.


Melakukannya Sendiri


Sebenarnya, melakukan influencer marketing dengan diri sendiri bagus untuk kamu jika ingin mencoba memasuki dunia influencer marketing, tapi lebih banyak kekurangan daripada keuntungannya


Keuntungan:

- Kamu bisa menghemat budget kamu


Kekurangan:


- Membuang waktu

Mencari influencer yang tepat membutuhkan waktu yang lama dan juga butuh tenaga, terutama jika kamu tidak tahu apa yang ingin kamu cari.


- Data yang kurang tepat

Influencer marketing bukan saja tentang mencari seorang influencer yang memiliki follower yang tinggi. Kamu harus melakukan riset untuk memastikan mereka adalah orang yang teap untuk mempromosikan brand kamu.


- Strategi yang tidak jelas

Menjalankan sebuah campaign bisa saja sulit jika strategi dan metrics tidak jelas. Seperti tidak tahu mau kapan mulainya, mau ke arah yang mana dan juga tidak tahu siapa target anda.


Agency

Jadi, fungsi seorang agency adalah memudahkan marketing campaign kamu dan juga memastikan bahwa campaign anda berjalan mulus. Mereka sering bekerja sama dengan brand dan influencer untuk memastikan bahwa mereka bisa mengatur dan menyelesaikan beberapa campaign sekaligus.


Keuntungan:


- Memiliki ikatan yang kuat dengan influencer dan brand

Agency sudah lama di dunia bisnis ini. Mereka mengerti tujuan, persyaratan dan aspek lain di brand untuk memastikan mereka memilih influencer yang tepat.


- Menghubungkan brands dengan influencer yang cocok

Mencari influencers yang tepat bisa menjadi hal yang membosankan dan juga menghabis waktu anda. Tapi, tenang saja karena agency memiliki database untuk menyimpan nama - nama para influencer. Jadi, mereka bisa memberi anda beberapa daftar nama influencer untuk ada pilih dengan waktu yang cepat.


- Lebih berpengalaman

Yah, bisa dibilang agency itu lebih berpengalaman dan tahu apa yang mereka buat. Mereka itu memberi sebuah saran kepada brand dan juga memastikan campaign tersebut membuahkan hasil yang bagus yang bisa menguntungkan brand.


- Agency yang membuat dan negosiasi tentang kontrak/tarif

Tidak ada harga yang tetap di dunia influencer marketing. Harga influencer bisa berbeda beda, tergantung seberapa besar influencer tersebut, jumlah follower dan juga engagement ratenya. Agency selalu mencoba membantu brand untuk mendapatkan influencer yang diinginkan berdasarkan budget yang brand miliki tapi juga berbuah hasil yang bagus.


Kekurangan:

- Harga bisa saja lebih mahal karena kamu menggunakan orang ketiga

- Beberapa hal bisa terjadi dibalik permainan agency

- Waktu respon bisa menjadi lambat

- Beberapa agency tidak begitu banyak mengetahui pengetahuan tentang perusahaan tersebut

- Brand harus membuat process yang bagus untuk memberi persetujuan konten yang diberikan oleh influencer dan memastikan kualitasnya bagus


Jadi, kesimpulannya adalah banyak startup dan bisnis kecil memutuskan untuk menggunakan website untuk mengurus influencer marketing mereka. Jadi, siapa tau kalo brand kamu lebih bagus dari yang kamu lakukan.


Tapi, tetap saja agencies dan website adalah sebuah hal yang bagus berdasarkan pandagan perusahaan dan juga ada bagusnya ada juga jeleknya. Jika ada memiliki budget yang jelas, anda bisa menggunakan website dengan tim yang memiliki keahlian dalam mengatur campaign ini untuk memastikan campaign kamu berjalan mulus.